Iklan

Thursday, March 15, 2012

cara membaca HWI part 2

Pada gambar diatas adalah contoh kecil hwi excel yang saya gunakan. Pertama-tama yang harus anda masukan angka adalah pada kolom jarak, ketinggian, angin, sudut Q Ball dan terano. Q Ball adalah slope ball atau patahan pada garis bola, terano adalah persentasi pada bola itu, jika fairway, 100%, fairway + hujan 98%, rough 95%, ROugh + hujan 92%, dan seterusnya, sampe angka terkecil. 58% pada bunker + hujan di wind hill.

Saya akan jelaskan bagaimana anda harus menggeser bola jika melihat hasil dari hwi excel di atas cukup ribet. Pada hasil, toma, dunk, bs, itu terlihat ada VF dan VB. VF (Vento front) adalah untuk hasil jika angin ke depan, dan VB (Vento Back) itu menunjukan jika angin ke belakang. Ada beberapa point yang harus anda ambil untuk chip in, diantaranya :
1. Click
2. PB
3. Forca (%)
4. Calibrador
5. Spin (hanya untuk dunk)

Pb (pwr bar) dimana satuan terkecil dari suatu pergesran (kanan/kiri) aim anda. Perhatikan gambar di atas,
1. Adalah suatu jarak dimana 1 clik
2. Adalah 5pb
3. Adalah 1 kotak (4,628pb)
4. Adalah 1 pb.

Jadi kita misalnya ambil contoh hasil toma pada gambar hwi di atas 0 klik dan 1,61 pb. Artinya anda hanya mengeser 1,61 pb saja, liat no 4. Jika keterangannya 2 klick 1,61 pb, pertama2 anda geser 1,61 dulu kemudian anda mengeser 1 klick seperti pada gambar 1 diatas jaraknya sekitar 1/2 layar anda dengan catatan resolusi anda harus di atur 600x400 dan tidak boleh di full screen.

Kesimpulannya, apabila anda sudah mencobanya, tp masih gagal juga, coba lah trus menurus, karena pada awal anda pakai, pasti susah.. pengelaman lah kuncinya, selamat mencoba

INDEKS

4 comments:

Afa said...

pertama : untuk break. untuk inputan emang ga ada ya penanda positive/negative jika bola dalam kondisi miring (misal setelah dihitung dari kanan-ke-kiri bola condong ke-kiri maka input -x, dan sebaliknya jika condong ke-kanan input +x)? tolong jelasin gan..

kedua : sudut angin. sudut angin 0 derajat itu dimulai dimana?? horizontal kanan kah? atau vertikal atas? kalo ngikutin busur pasti dari horizontal kanan adalah 0.

dan kenapa ga pake aturan 360 derajat untuk mengisi ya gan? soalnya kalo yang ane liat semua orang yang bikin tutorial pasti cara baca anginnya cuma 0~90 derajat saja? padahal kalo pake aturan 360 derajat kolom "vento front u/ tail wind" dan "vento back u/ face wind" bisa dihilangkan. kalo menurut ane 360 bakalan lebih jelas dalam perhitungannya jika dan hanya jika sudut 0 berasal pada garis yang tepat yakni "vertikal ke depan/tailwind" karena perhitungan sinus 0 = 0, sesuai jika angin lurus kedepan (ini kasus mengkitung pergeseran gan).. lalu selanjutnya sudut bergerak searah jarum jam sampe akhirnya ke 360/0.

ane bilang begini karena ane yakin banyak orang yang masih pusing itu 60/30 derajat? karena ga tau sudut 0 itu bermula dari dimana? dan yang lebih parahnya lagi jika ada kasus cerminan dari sudut 60/30 terhadap sumbu x dan y atau terhadap titik pusat sumbu (0,0).

jika ya gan misal sudut 0 bermula di vertikal atas, terus ada kondisi angin nyerong 60 derajat nah kalo cerminannya terhadap sumbu x dan y itu berapa? apakah cerminan ke sumbu x atau y akan sama bernilai 60?

nah.. dari kasus kecil ini bisa di temukan solusinya gan dan ini bakal teratasi kalo pake aturan 360 derajat.

makasih kalo udah mau baca.. mudah2an nanti ane bisa temuin guide perhitungan chip in aturan 360 derajat kayak ane begini :D

//jangan marah ya gan, cuma kesel ane ga bisa baca sudut kalo aturannya begitu hehhee

Afa said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

@afa: ane jawab satu per satu ya
pertama : untuk break. untuk inputan emang ga ada ya penanda positive/negative jika bola dalam kondisi miring (misal setelah dihitung dari kanan-ke-kiri bola condong ke-kiri maka input -x, dan sebaliknya jika condong ke-kanan input +x)? tolong jelasin gan..
sorry gan, di post sebelumnya memang ada kesalahan ane juga baru nyadar, hehehe,, jadi gini, kalo agan liat kemiringan bola ----_____ yang seperti ini patahannya artinya bola cenderung ke arah kenan geraknya agan beri tanda Plus (+) atau Minus (-) di sesuaikan dengan arah angin juga gan. Kalo panah arah anginnya ada di kiri, itu bola akan bergerak ke kiri yang artinya kita harus menggeser bola ke kanan di tambah dengan kondisi patahan ----____ . Jadinya arah angin beri tanda Plus (+) patahan beri tanda Minus (-) Jika ujung panah arah angin berada di kanan, artinya agan harus menggeser bola ke kiri dengan kondisi patahan ----____ itu artinya minus dan minus, naah disini agan isikan aja pada kolom anginnya dengan tanda plus (+) dan Plus (+). Anginnnya +X dan patahan +Y tp nanti gesernya ke kiri. Itu cuma masalah tanda aja, karena geser kanan dan geser kiri itu sama saja, ga ada perbedaan.

Kalo agan liat busur derajat, memang sudut 0 adalah sudut horizontal, itu kalo untuk rumus matematic standard, tp ini pangya, entah kenapa sudut o adalah sudut vertical. Tp menurut saya, itu pengaruhnya terhadap sin/cos sendiri, kalo sudutnya di mulai dari 90 di titik vertikal maka pengaruh pergesrannya akan semakin tidak masuk akal bayangkan saja, sin sudut 90 = 1. pada saat angin 5. agan ga mungkin geser sudut ketika sudut berada di garis lurus dengan hole bukan???? tp kalo di mulai dari vertikal adalah sudut 0, lalu horizontal adalah sudut 90 maka akan lbh jelas efect pergeserah bola nya.

pertanyaan selanjutnya "dan kenapa ga pake aturan 360 derajat untuk mengisi ya gan? soalnya kalo yang ane liat semua orang yang bikin tutorial pasti cara baca anginnya cuma 0~90 derajat saja? padahal kalo pake aturan 360 derajat kolom "vento front u/ tail wind" dan "vento back u/ face wind" bisa dihilangkan."
Jawab: karena pangya hanya kenal gmn caranya geser kanan n kiri, kalo 360 derajat, itu ga mungkin gan, balik lagi ke jawaban di atas dech, ane juga susah jelasinnya, mungkin nanti ada agan-agan yang lain yang bisa jawabnya, tp ane ngerti, sudut pangya itu cuma vertical dan horizntal, mulai dari 0 sampe 90. Untuk menunjukan seberapa besar pengaruh gesernya bola terhadap efeck angin (kanan/kiri) yang sering kita sebut dengan HWI (Horizontal Wind Efect)

pertanyaa: "gmn cara bedain sudut 60 dan 30. Ane kasih patokan aja ya gan, sudut 60 itu pada saat kondisi ekor panah berada di titik sebalh kanan/kiri buletan sudut. Jawab :Kalo sudut 30 itu pada saat ekor panah berada di titik 0 derjata. Ekor panah disini maksudnya adalah kan panah di pangya itu bentuknya ada 2 ekor, kanan dan kiri, gmn ya susah bgt gambarinnya pake tulisan... agan pikirin aja, panah di pangya, ada ujung panh ada ekor panah, naah ekor panah yang ke belah sisi nya gan, itu di jadiin patokan agan, jika sisi ekor panah berada di titik 90 derajat, itu berarti sudut 60, jika sisi ekor panah berada di titik 0 derajat itu brarti sudut 30

Pertanyaan: jika ya gan misal sudut 0 bermula di vertikal atas, terus ada kondisi angin nyerong 60 derajat nah kalo cerminannya terhadap sumbu x dan y itu berapa? apakah cerminan ke sumbu x atau y akan sama bernilai 60?
Jawab: Rumus trigonometri gan,...

Heheh, si agan terlalu serius nih, kaya pelajaran matematika aja, pangya itu game terapan fisikan menurut ane, bukan matematika...

Gitu aja gan yang bisa ane jawab, aduh maaf ini gan, bukan maksud ane ga bisa jawab, tp ane cuma tau gmn cara maen pangya yang sesuai standard HWI Umum, ga belajar knp ko bisa gitu>> yang penting ane bisa masuk bola dunk, dpt piala, ane dah seneng, heheheh

Piss,, selamat mencoba gan,,

Afa said...

pertama kali ane baca entah punya orang luar, ane aneh bacanya. cuma males komentar, pas main pangya lagi baru berani komentar ini itu dan kenapa, heheh...
sudut cuma pake 90, padahal arah 3d nya sumbu x,y,z hum-hum mungkin ane terlalu mikir ribet aja kali ya.

paragraf pertama sudah cukup menjelaskan kok gan kenapa pake 90 derajat doang. itu sebabnya pake istilah "vento front" dan "vento back" untuk arah vertikalnya angin.

dan untuk arah horizontalnya (pergeseran tiles) intinya ketika arah angin dan bola berlawanan maka salah satu harus di tandai negative, geser sesuai logika (tapi kalo ga mau ribet emang tiap2 angin/break yang condong ke kanan input +x dan condong ke kiri -x, biar jelas kalo hasil penjumlahan total PB-nya neagtive geser ke kanan karena terkadang break bisa jauh lebih dominan bukan? mengalahkan kekuatan angin)..

makasih penjelasannya gan, ane pahan sekarang kenapa pake 90 derajat dengan adanya vento vonto itu.. dan ane juga yakin benar kalo 360 derajat adalah hasil yang sama dengan cara yang berbeda doang hehhe.